Pentingnya Pendidikan dalam Islam

Mencari ilmu adalah wajib bagi setiap Muslim. Kata pertama yang terungkap dari Al Qur’an adalah ” Iqra ” BACA! Mencari pengetahuan! Didiklah dirimu!.

Surah Al-Zumr, ayat 9 mengungkapkan: ” Apakah mereka sama, mereka yang tahu dan mereka yang tidak tahu? ” Surah Al-Baqarah, ayah 269 mengungkapkan: ” Allah memberikan kebijaksanaan kepada siapa yang Dia kehendaki dan kepada siapa kebijaksanaan diberikan, tentu saja dia menerima manfaat yang melimpah. ”

Islam adalah hadiah terbesar kita. Kita harus berterima kasih atas pemberian ini. Kita harus menyerahkan kepada Allah hak-Nya. Allah telah memberi kita begitu banyak dengan menjadikan kita bagian dari umat Nabi Muhammad SAW sehingga kita harus benar-benar mengikat diri kita sebagai pengikut Nabi SAW. Kita harus menjadi Muslim sejati.

Sangat penting untuk memahami bahwa pemberian terbesar dari Allah? untuk mana kita diliputi rasa syukur? tergantung terutama pada pengetahuan. Tanpa pengetahuan, seseorang tidak dapat benar-benar menerima hadiah Islam dari Allah. Jika pengetahuan kita sedikit, maka kita akan terus menghadapi risiko kehilangan karunia luar biasa itu, yang telah kita terima kecuali kita tetap waspada dalam perjuangan kita melawan ketidaktahuan.

Seseorang tanpa pengetahuan seperti seseorang yang berjalan di sepanjang jalan dalam kegelapan total. Kemungkinan langkahnya akan berjalan ke samping dan dia dengan mudah dapat tertipu oleh setan. Hal ini menunjukkan bahwa bahaya terbesar kita terletak pada ketidaktahuan kita akan ajaran Islam dan dalam ketidaktahuan kita tentang apa yang diajarkan Al-Qur’an dan bimbingan yang telah diberikan oleh Nabi SAW.

Umat muslim, muda atau tua, lelaki atau perempuan, harus memperoleh pengetahuan yang cukup untuk memungkinkan diri kita memahami esensi dari ajaran Al-Quran dan tujuan turunnya ajaran itu. Umat muslim juga harus dapat memahami dengan jelas misi, yang harus dipenuhi oleh Nabi SAW tercinta ke dunia ini.

Pengetahuan diidentifikasi dalam Islam sebagai ibadah. Memperoleh pengetahuan adalah ibadah, membaca Alquran dan merenungkannya adalah ibadah, perjalanan untuk mendapatkan pengetahuan adalah ibadah.

Pengetahuan dikejar dan dipraktikkan dengan kerendahan hati dan kerendahan hati dan mengarah ke keindahan dan martabat, kebebasan dan keadilan.

Tujuan utama memperoleh pengetahuan adalah untuk membawa setiap insan lebih dekat kepada Tuhan. Hal ini bukan hanya untuk kepuasan pikiran atau indera. Pengetahuan yang sesuai harus dikaitkan dengan nilai dan tujuan. Salah satu tujuan memperoleh pengetahuan adalah untuk mendapatkan kebaikan dunia ini, bukan untuk menghancurkannya melalui pemborosan, kesombongan dan dalam pengejaran yang sembrono terhadap standar kenyamanan material yang lebih tinggi.

No Comments

Leave a Comment

© 2021 Yayasan Makmur Al Muthmainnah